Senin, 05 November 2012

Ciri-ciri, Unsur dan Teori Organisasi

Baiklah kawan-kawan postingang kali ini saya akan membahas seperti judul di atas yaitu mengenai ciri-ciri, unsur dan teori organisasi. Mungkin kali ini saya akan mengutip sedikit teori dari blog-blog lain karena keterbatasan pengetahuan yang saya miliki. Baiklah langsung saja pembahasan di bawah ini.
      1. Ciri-ciri Organisasi
Ciri-ciri merupakan bagian yang mewakili sesuatu, dari ciri-ciri kita bisa mengetahui apa yg di maksud. Begitu juga jika yg di maksud kali ini adalah ciri-ciri organisasi, maka ini merupakan suatu bagian yg mewakili organisasi, yang membuat kita paham bahwa dari ciri-ciri tersebut kita bisa mengetahui apa itu organisasi. Adapun ciri-ciri dari organisasi secara umum adalah sebagai berikut :
  1. Adanya komponen ( atasan dan bawahan)
  2. Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang)
  3. Adanya tujuan
  4. Adanya sasaran
  5. Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
  6. Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas
Jadi sekarang kita bisa tahu mana yang bisa disebut sebagai organisasi dan mana yang bukan. Jika Ciri-ciri di atas terpenuhi maka bisa disebut organisasi, jika tidak maka bukan organisasi.

      2. Unsur-Unsur Organisasi

Unsur pengertiannya hampir sama dengan ciri-ciri, tapi unsur ini lebih ke bagian penting dalam suatu organisasi. Jika salah satu tidak ada maka akan mempengaruhi yang lainnya. Adapun Unsur - Unsur Organisasi yang umum adalah sebagai berikut :
  1. Manusia (Man).
  2. Kerjasama.
  3. Tujuan Bersama.
  4. Peralatan (Equipment).
  5. Lingkungan.
  6. Kekayaan alam.
  7. Kerangka/Konstruksi mental
Dan secara garis besar organisasi mempunyai tiga unsur penting yaitu :
  1. Manusia.
  2. Kerjasama.
  3. Tujuan bersama-sama.
Jadi singkatnya unsur-unsur organisasi itu bisa terpenuhi hanya dengan 3 unsur penting di atas, karena unsur itu mewakili secara keseluruhan tentang organisasi.

      3. Teori Organisasi 

Teori organisasi adalah studi tentang bagaimana organisasi menjalankan fungsinya dan bagaimana mereka mempengaruhi dan dipengaruhi oleh orang-orang yang bekerja di dalamnya ataupun masyarakat di lingkup kerja mereka. Teori organisasi adalah suatu konsefsi, pandangan, tinjauan, ajaran, pendapat atau pendekatan tentang pemecahan masalah organisasi agar lebih berhasil dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan.

Seiring dengan perkembangannya teori organisasi dibagi dalam 3 macam, yaitu :
1. Teori Organisasi Klasik (Teori Tradisonal)
    Contohnya adalah : Teori Birokrasi, Teori Administrasi, danManajemen Ilmiah.

2. Teori Neoklasik (Teori hubungan antar manusiawi)
    Menekankan pentingnya aspek psikologis dan sosial karyawan.

3. Teori Organisasi Modern
    Semua unsur organisasi sebagai satu kesatuan dan saling ketergantungan.


Sumber Inspirasi : http://raipeza24.blogspot.com










0 komentar:

Posting Komentar